google-site-verification=82PdpwdCu4bGf44-_1RqOUmGCL486EA2zsKIthhSql8

Minggu, 31 Agustus 2014

Spesifikasi dan Harga Nokia X Android Terbaru 2014

Nokia akhirnya mengenyampingkan egonya terhadap platform Android yang sebelumnya tampak sangat enggan untuk diaplikasikan pada perangkatnya. Hal ini juga diakibatkan oleh tingkat penjualan seri Lumia berbasis Windows Phone OS yang terbilang tidak terlalu sukses di pasaran sehingga Nokia akhirnya melirik sistem operasi berlogo robot hijau tersebut.
Nokia mengklaim bahwa perangkat ini ditujukan bagi kelas menengah kebawah sehingga kisaran harganya pun cukup terjangkau. Pada awal peluncurannya,harga Nokia Xadalah Rp. 1.600.000. Pihak Nokia ternyata tidak menggunakan OS Android sepenuhnya, melainkan dengan melakukan modifikasi atau kostumisasi pada platform Android sehingga tampilan dan menu Nokia X lebih mirip smartphone seri Lumia atau Nokia Asha.
Desain dan bodiNokia X pada dasarnya terbuat dari material full plastik, berbentuk kotak dan terkesan sangat kaku. Hal ini menyebabkan Nokia X menjadi kurang nyaman ketika digenggam dalam waktu yang lama karena sudut-sudutnya yang kaku dan menyiku. Di sisi lain, ukurannya terbilang sangat pas dalam genggaman tangan.

Dengan ukuran sekitar 115.5x63x10.4 mm dan bobot total 128 gr, pastinya pengguna tidak akan kesulitan dan ribet untuk memasukkan perangkat Nokia X ke dalam saku celana. Terdapat pilhan warna-warna yang tampak cerah dan atraktif sehingga bisa menjadi nilai estetik dan daya tarik tersendiri dari ponsel ini.
Di bagian depan, Nokia X memiliki earpiece, sensor proximity, sensor cahaya, microphone, layar sebesar 4 inci dan tombol back kapasitif. Di bagian belakang, pengguna dapat menemukan kamera utama dan sebuah audio speaker. Sayangnya, akses untuk slot kartu SIM dan kartu microSD agak ribet karena harus membuka terlebih dulu back cover dan baterai. Di bagian sisi kiri, terdapat tombol volume dan tombol daya/kunci sedangkan di bagian sisi kanan tidak terdapat tombol apapun.
Di bagian atas terdapat port untuk headset dan port microUSB di bagian bawah. Untuk urusan layar, Nokia X mampu memberikan tampilan yang cukup tajam dengan sudut penglihatan yang luas. Ketika dibawah sinar matahari, layar tidak terlihat begitu jelas meskipun sudah dibekali dengan sensor cahaya. Jenis layar yang digunakan Nokia X adalah TFT kapasitif dengan resolusi 480x800p.
Terdapat fitur terbaru yakni “knock on” untuk mengaktifkan layar dan tidak terbatas pada area layarnya saja. Nokia X menggunakan kamera belakang saja yang memiliki resolusi 3 MP tanpa adanya fitur autofokus dan LED flash. Ya sekali lagi karena ponsel ini untuk kelas menengah kebawah dan menekan cost maka hanya ini yang dapat diberikan Nokia. Hasil jepretan foto tampak detil dan tajam dengan pewarnaan yang terlihat sangat natural.
Yang cukup disayangkan adalah kualitas perekaman video yang hanya mampu menghasilkan video dengan resolusi 480p saja dengan format 3GP standar. Salah satu kekurangan dari Nokia X Platform adalah kompatibilitas aplikasi Android. Meski sudah dibekali OS Android 4.1.2 (Jelly Bean), namun Nokia X ternyata tidak menggunakan Google Play Service.
Hal ini menyebabkan beberapa aplikasi akan mengalami gangguan pada fungsi yang nantijnya dapat berujung crash. Dampak negative lainnya adalah par apengguna nantinya tidak akan bisa melakukan pembelian in-app. Nokia X tidak dilengkapi dengan aplikasi bawaan Android seperti Maps, YouTube, Play Store, dan Google Calendar. Untuk mengunduh aplikasi, pengguna apat memanfaatkan disediakan Nokia Store yang saat ini belum terlalu lengkap koleksi aplikasi dan gamenya.Harga Nokia X terbaru di pasaran saat ini adalah Rp. 1.499.000. Selengkapnya
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: