google-site-verification=82PdpwdCu4bGf44-_1RqOUmGCL486EA2zsKIthhSql8

Kamis, 16 Oktober 2014

Adu Kamera Flagship Korea, LG G3 vs Galaxy S5

Siapa yang tidak tertarik dengan ponsel flagship. Seabreg fitur terkini disematkan yang mungkin belum dimiliki oleh ponsel lain. Namun sekedar flagship dan membawa nama besar bukanlah ukuran keunggulan sebuah produk. Membandingkan antara satu flagship dengan flaship lainnya mungkin bisa dijadikan barometer. Maka kali ini PULSA mencoba membandingkan LG G3 dan Samsung Galaxy S5. Adu fitur kali ini masih membandingkan kemampuan seputar kamera dan fitur yang dimilikinya. Namun sebagai pelengkap disertakan uraian sekilas tentang hardware dan layar yang dimiliki.
1. Hardware LG G3
Prosesor Quad-core 2.5 GHz Krait 400; Qualcomm MSM8975AC Snapdragon 801; Adreno 330 GPU; 2GB RAM; Internal Storage 16GB; Eksternal storage microSD hingga 128 GB; Baterai Li-Ion 3000 mAh Sebagai salah satu ponsel Android terbaik yang tersedia di pasaran saat ini, kinerja yang lambat serta lag menjadi hal yang sulit ditemukan pada LG G3.
Samsung Galaxy S5 Prosesor Quad-core 2.5 GHz Krait; GPU Adreno 330; 2GB RAM; Internal Storage 16GB; Eksternal storage microSD hingga 128GB; Baterai Li-Ion 2.800mAh Sebagai salah satu ponsel Android terbaik yang tersedia di pasaran saat ini, kinerja yang lambat serta lag menjadi hal yang sulit ditemukan pada LG G3
Samsung Galaxy S5 Prosesor Quad-core 2.5 GHz Krait; GPU Adreno 330; 2GB RAM; Internal Storage 16GB; Eksternal storage microSD hingga 128GB; Baterai Li-Ion 2.800mAh Galaxy S5 pada dasarnya memiliki spesifikasi yang kurang lebih sama dengan LG G3. Secara teknis hanya kurang dari besarnya kapasitas baterai yang disematkan.
2. Layar LG G3 Layar sentuh True HD-IPS + LCD kapasitif; 16 juta warna; 1440x2560 pixels; 5.5 inches; ~534 ppi pixel density; multi touch; Corning Gorilla Glass 3 Sektor layar menjadi letak salah satu kekuatan utama G3, tidak hanya lebih luas dari flagship LG generasi sebelumnya, ponsel ini juga memiliki resolusi layar yang sangat tinggi untuk seukuran ponsel. Sebagai perbandingan, ponsel ini memiliki resolusi 4 kali lipat dari sebuah HDTV standar (720p). Dengan resolusi QHD, G3 bahkan punya 43% piksel lebih banyak dari kompetitor utamnya seperti Galaxy S5, HTC One M8 dan Xperia Z2. Resolusi QHD menghasilkan kerapatan piksel hingga menembus angka 534 piksel per inci membuat grafis yang tertampil di layar menjadi super tajam.
Samsung Galaxy S5 FHD Super AMOLED, 1920 x 1080 pixels, 5.1 inchi, ~432 ppi; Corning Gorilla Glass 3; Menggunakan layar sentuh kapasitif jenis Super AMOLED dengan 16 juta warna, resolusi layar Galaxy S5 masih 1080 x 1920 piksel. Kekecewaan lainnya adalah terkait kerapatan layar dimana rumor menyebutkan angka 560 ppi, namun ternyata hanya membenamkan kerapatan piksel 432 ppi saja.
3. Kamera Belakang 13MP (4160x3120 piksel); phase detection/laser autofocus; optical image stabilization; dual-LED (dual tone) flash; 1/3'' sensor size; simultaneous video and image recording; geo-tagging; face detection; HDR; Di samping layar, kamera juga menjadi keunggulan G3. Sektor ini dilengkapi teknologi autofokus dengan fitur phase detection yang dikombinasikan dengan laser yang akan mendeteksi jarak objek dengan lensa. Hal ini membuat kamera akan menentukan fokus dengan lebih cepat dan akurat, sehingga waktu antara ketika pengguna menekan shutter dan gambar selesai diambil akan lebih singkat. Fitur menarik lainnya adalah 'magic focus' yang memungkinkan pengguna menentukan titik fokus antara 2 objek yaitu background dan foreground setelah gambar diambil.
Samsung Galaxy S5 16MP (5312x2988), autofocus, LED flash; Kamera depan 2 MP (1920x1080, Wide-angle lens); HDR (Rich tone), Selective Focus, Virtual Tour Shot
4. Kamera Depan LG G3 Kamera depan 2.1MP Yang tak kalah menarik, buat penggemar selfie ada fitur 'gesture shot'. Saat mengaktifkan kamera depan, pengguna bisa mengarahkan telapak tangan ke kamera, lalu saat kamera mendeteksi dengan tanda kotak disekitar tangan, pengguna bisa mengambil gambar dengan mengepalkan tangan. Selain itu masih tersedia pemotretan dengan ‘voice shutter’ dengan mengucapkan kata tertentu.
Samsung Galaxy S5 Kamera depan 2 MP (1920x1080 piksel) Untuk pengambilan foto selfie juga terasa susah, karena sebenarnya bisa lebih enak bila ada 'rear key' seperti yang ada di LG G3. Artinya, untuk selfie, ponsel ini terasa biasa-biasa saja.
5. Fitur Tambahan Kamera LG G3 Fitur tambahan buat kamera pada LG G3 salah satunya adalah Smartshare. Dengan fitur ini Anda dapat berbagi hasil foto lewat Beam atau Play. Artinya hasil foto bisa langsung dibagikan ke banyak orang yang menginginkannya.
Samsung Galaxy S5 Sebenarnya Samsung sudah menyertakan fitur penyerta kamera yang diantaranya download. Download pada fitur kamera ini merupakan fasilitas buat pengguna untuk mendownload beberapa aplikasi tambahan agar hasil kamera lebih menarik. (Animated photo, Sports Shot, Surround Shot dan Sound & Shot). Namun semuanya terasa kurang luar biasa.
6. Video LG G3 4K, 1080p@30fps Perekaman video 4K merupakan nilai lebih buat ponsel ini. Ponsel ini juga sudah mendukung perekaman dengan 'smartvideo'. Dengan fitur ini Anda dapat mempause video yang berjalan saat pandangan mata kita berpaling.
Samsung Galaxy S5 2160p@30fps, 1080p@60fps Ponsel ini memiliki fitur kamera ganda dimana Anda dapat mengambil gambar dan merekam video menggunakan kamera depan dan belakang sekaligus.
Hasil Kamera LG G3 indoor
Outdoor Samsung Galaxy S5 Indoor outdoor
Kesimpulan Kamera ponsel flagship ini memiliki kelebihan dan kekurangan mereka masing- masing. Samsung misalnya, meskipun menggunakan kamera dengan resolusi 16 megapiksel, namun dalam kenyataannya tidak membuat kamera smartphone ini terlihat paling baik. Kubu LG G3 memiliki fitur ‘phase detection’ yang dikombinasikan dengan laser yang mampu mendeteksi jarak objek dengan lensa. Hal ini dapat mengimbangi hasil kamera Samsung sehingga bisa tampil sama baiknya. Bahkan kadang lebih baik Sementara untuk perekam video LG G3 unggul dengan resolusi video 4K. Sedangkan untuk selfie, LG G3 memiliki fitur 'voice command' dan 'gesture shot'. Yang sedikit menghibur, Samsung Galaxy S5 memiliki fitur kamera ganda.
By tabloidpulsa.co.id
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: