google-site-verification=82PdpwdCu4bGf44-_1RqOUmGCL486EA2zsKIthhSql8

Rabu, 27 November 2013

Tri Minta Pemerintah Adil soal Pembagian Frekuensi


BANDUNG- Operator Tri yang saat ini memiliki 26 juta pelanggan per akhir 2012, mengicar tambahan frekuensi di 1.800Mhz. Ini dimaksudkan sebagai strategi jangka panjang untuk melayani kebutuhan data yang diprediksi melonjat di tahun mendatang.
"Intinya kami bersaing harus punya frekuensi. Dan kami merupakan operator yang frekuensinya paling sedikit," kata Wakil Presiden Komisaris PT Hutchison 3 Indonesia, Erick Thohir kepada wartawan di Braga Bar and Lounge Hotel Holiday Inn, Bandung, Selasa (26/11/2013).
Menurutnya, ketika ada peluang maka akan terjadi kompetisi. Terlebih melihat konsolidasi operator telekomunikasi, Thohir mempertanyakan apakah frekuensi akan dipakai secara maksimal.
Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dinilai Thohir harus memiliki sikap tegas dalam pembagian spektrum. "Uang penting, tapi manajemen lebih penting. Dan di industri ini (telekomunikasi) kami mesti punya spektrum. Tri punya kesiapan, tapi semua balik ke pemerintah, karena yang memutuskan," tutur pemegang 35 persen saham PT Hutchison 3 Indonesia itu.
Seangin dengan Thohir, Director Intercarrier and Goverment Relation Hutchison 3 Indonesia, Chandra Aden, mengemukakan bahwa sebagai operator yang baru berusia enam tahun, Tri, bisa dianggap sebagai operator dengan kinerja yang cukup baik.
"Baru enam tahun kami punya infrastruktur nomor dua, dan kami meminta pemerintah meninjau ulang di 1.800Mhz agar pembagian frekuensi adil," tutur pria yang akrab disapa Dicky itu.
Untuk diketahui, pada frekuensi 1.800Mhz terdapat lebar pita sebesar 75Mhz. Di mana, Telkomsel memiliki lebar pita 22,5Mhz, Indosat 20Mhz, Axis 15Mhz, Tri sekira 10Mhz, dan XL 7,5Mhz.
Selain memiliki frekuensi selebar 10Mhz di 1.800Mhz, Tri juga memiliki lebar frekuensi yang sama pada frekuensi 2.100Mhz.
Tri sendiri saat ini memiliki 30 ribu Base Transceiver Station (BTS), yang mana 14 ribu di antaranya merupakan BTS 3G dan 16 ribu BTS 2G. Dicky mengungkapkan bahwa 70 persen dari BTS 3G sudah berteknologi Node B, yang mendukung kecepatan akses 42Mbps. (gst)
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: